24 December 2018

Cara Menyimpan Foto atau Video Dari Status Whatsapp

Cara Menyimpan Foto atau Video Dari Status Whatsapp
Image: whatsapp.com

Dengan jumlah penggunanya yang sudah mencapai 1 miliar lebih, Whatsapp kini menjadi aplikasi chatting terpopuler di dunia. Salah satu fitur Whatsapp yang sangat digemari penggunanya adalah Status Whatsapp. Ya, melalui fitur ini pengguna Whatsapp bisa membagikan kegiatan sehari-harinya kepada teman-temannya, melalui foto ataupun video.

Pernahkah sobat melihat video atau foto yang dibagikan teman atau gebetan melalui fitur Status Whatsapp? Kadang ada rasa segan atau malu untuk memintanya langsung, kadang sobat hanya menscreenshot foto tersebut, bahkan kadang ada yang menggunakan aplikasi tambahan agar bisa menyimpannya. Semua usaha sobat lakukan karena sobat takut kehilangan foto atau video tersebut karena hanya akan bertahan selama 24 jam atau bisa juga keburu dihapus oleh pemiliknya.

Sekarang, sobat tidak perlu repot lagi menggunakan aplikasi tambahan. Karena sebenarnya foto atau video yang telah sobat lihat di Status Whatsapp di daftar kontak sobat sudah tersimpan di dalam memori HP sobat. Tugas sobat, yaitu hanyalah mencari folder tersembunyi tersebut. Lalu, bagaimana cara mencarinya? Simak tutorialnya berikut ini!

Cara Menyimpan Foto atau Video Dari Status Whatsapp



  • Pastikan sobat sudah menginstall aplikasi manajemen file seperti Explorer atau sejenisnya. Saya disini menggunakan aplikasi Explorer.
  • Jika sobat sudah menginstallnya, silahkan sobat lihat salah satu status Whatsapp dari kontak sobat.

  • Lalu buka aplikasi Explorer, kemudian buka folder Whatsapp > Media > .Statuses

  • Di folder .Stasuses inilah sobat akan menemukan apa yang sobat cari. Selama ini, di situlah status foto atau video yang telah sobat tonton bersembunyi. Untuk memastikannya, sobat tinggal buka 1 per satu file tersebut.

  • Langkah selanjutnya, sobat tinggal menyalin file tersebut ke tempat yang sobat inginkan, misalkan di galeri.

Gimana, sangat mudah bukan? Fungsi dari aplikasi Explorer sendiri adalah untuk menemukan suatu folder atau file yang disembunyikan dengan menggunakan tanda titik(.) di depannya. Tanpa aplikasi Explorer ini pun sebenarnya bisa, yaitu menggunakan komputer. Jika di komputer, file yang nama depan ada tanda titiknya(.), tidak akan tersembunyi. Namun jika di Android, tanda titik(.) di depan nama file merupakan suatu perintah untuk menyembuyikan file tersebut. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon