26 January 2019

WhatsApp Bagi-Bagi Kuota Gratis, Benarkah?

WhatsApp Bagi-Bagi Kuota Gratis, Benarkah?

Kabar bohong atau yang biasa disebut hoax pada era digital saat ini memang sudah marak beredar di media sosial, salah satunya di WhatsApp.

WhatsApp merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak Facebook yang penggunanya mencapai lebih dari 1 miliar. Dengan pengguna sebanyak itu dan memiliki beberapa fitur yang mumpuni, penyebar hoax biasanya menargetkan para pengguna WhatsApp.

Biasanya, pengguna WhatsApp yang sering menyebarkan hoax adalah para orang tua yang bisa dibilang gaptek akan teknologi. Namun, tidak sedikit juga anak muda yang menyebarkan hoax tanpa mengecek kebenaran informasi tersebut terlebih dahulu.

Seperti hoax yang baru-baru ini beredar, Adapun isi pesan berantai yang marak di aplikasi Whatsapp tersebut berbunyi, "WhatsApp Ulang Tahun ke 10: Dapatkan 35 GB internet gratis untuk operator seluler Anda untuk digunakan dalam 6 bulan. Minta sekarang di https://fitedetoxdot.club/id-35gb."

Terkait hal itu, Whatsapp Indonesia melalui jubirnya mengatakan jika pesan yang beredar tersebut merupakan hoax.

"Itu hoax, enggak ada sama sekali," ujar juru bicara WhatsApp, melansir Tempo.

Menurutnya, jika ada hadiah atau promo dari Whatsapp, maka link yang tercantum adalah menggunakan nama setiap aplikasi.

"Kalau resmi dari kami, linknya pasti link kita juga, semisalnya facebook.com atau whatsapp.com," kata WhatsApp.

Jawab Pertanyaan, Share ke WhatsApp, Dapat Kuota, Benarkah?


Jika sobat mengunjungi website tersebut, sobat disuruh untuk menjawab pertanyaan yang kemudian wajib sobat bagikan ke WhatsApp. Di website tersebut mengatakan jika sobat membagikan ke WhatsApp hingga panel penuh, maka sobat akan mendapatkan kuota 35 GB. Namun, apa benar demikian? Tentu saja tidak! Ada beberapa alasannya.

  1. Website tersebut menggunakan domain .club, di mana domain .club sendiri merupakan domain "murah" yang harganya paling mahal sekitar 30 ribuan. Lalu, bagaimana cara mereka memberi ke pengguna WhatsApp yang sekian banyaknya, sedangkan domain yang dipakai adalah domain "murah"?
  2. Tidak ada pengisian data diri dan nomor telepon. Gimana mereka mau ngasih kuota sedangkan sobat tidak dimintai nomor teleponnya?
  3. Panel tidak akan penuh. Kenapa? Karena jika sobat sudah klik 3x perintah bagikan ke WhatsApp, halaman tersebut akan memuat iklan dan jika sobat kembalikan, akan kembali ke halaman awal.

Jadi, website tersebut hanyalah ladang yang dijadikan untuk mencari pundi-pundi uang oleh pemiliknya. Memang disini tidak ada pihak yang dirugikan, tetapi malah menguntungkan pemilik website tersebut karena berhasil mendapatkan banyak pengunjung yang melihat iklan di websitenya. 

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon